Kompetisi Surfing Perdana untuk Pariwisata Pulau Morotai

Komunitas Selancar Morotai menggelar event selancar perdana dengan tema “Toguruga Surf Competition 2021”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Senin 15 Maret 2021.

Event tersebut dilaksanakan di Jobubu Surf Point, Desa Bido, Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dan diikuti 50 peserta perwakilan 17 desa di 5 kecamatan Pulau Morotai yang memiliki potensi ombak.

Ketua Panitia Toguruga Surf Competition, Assyura Oemar, mengatakan surfing adalah media untuk mempromosikan Pariwisata Morotai. “Toguruga Surf Competition ini lebih kepada euforia surfer lokal,” kata Asyyura, Sabtu 20 Februari 2021.

Para orang muda di Morotai yang akan meramaikan gelaran kompetisi selancar. Foto: Istimewa

Dengan demikian, lanjut dia, Morotai memiliki sejuta potensi pariwisata bahari yang harus disyukuri dan perlu dijaga bersama. “Karena surfing networkingnya sangat besar dan luas,” katanya.

Senada, Ketua Komunitas Selancar Morotai, Aden R, mengatakan kompetisi ini adalah batu locatan untuk menghimpun harapan dan mimpi anak-anak pesisir Morotai, agar lebih maju dan berkembang dalam mengembangkan olahraga surfing.

“Ini sebagi salah satu upaya menggali potensi pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai. Toguruga sendiri diambil dari bahasa Galela yang berarti mimpi,” katanya.

Anak-anak di Morotai saat memegang papan selancar. Foto: Istimewa

Event ini tidak hanya menampilkan surfing, tapi juga menyuguhkan kearifan lokal berupa tari-tarian hingga musik tradisonal. “Yang spesial adalah kelapa bido dijadikan venue utama. Jadi kami berharap seluruh masyarakat mendukung kegiatan ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *